Senin, 21 Februari 2011

CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP

CIRI-CIRI KHUSUS PADA MAKHLUK HIDUP


Ciri-ciri khusus itu artinya adalah keistimewaan yang dimiliki oleh makhluk hidup yang berguna untuk melangsungkan kehidupannya dan tidak dimiliki oleh makhluk lain (hanya dimiliki makhluk hidup tertentu).

Ciri-ciri Khusus pada Hewan

contohnya:
þ      Kelelawar:
o        kelelawar adalah mamalia yang dapat terbang.
o        Sayap kelelawar berbeda dengan sayap burung atau serangga. Sayap kelelawar berkulit lentur.
o        Bagian yang mirip cakar pada sayap kelelawar adalah ibu jari kelelawar yang digunakan untuk bergantung atau mendaki pada batu atau pohon.
o        Cara tidur kelelawar adalah dengan bergantung pada pohon menggunakan kakinya.
o        Kelelawar termasuk binatang malam, mereka terbang dan mencari makanannya pada malam hari. Pada saat terbang, mereka berekolokasi.
o        Ekolokasi adalah kemampuan kelelawar untuk mengetahui arah terbang, makanan dan keadaan lingkungannya dengan menggunakan suara.
þ      Cecak:
o        bagian yang menonjol bergaris pada telapak kaki cecak berfungsi sebagai alat pelekat, sehingga cecak dapat merayap di dinding atau di langit2 tanpa terjatuh.
o        Cecak memiliki lidah yang panjang dan lengket, sehingga ketika ada serangga yang datang menghampiri, mereka akan segera menjulurkan lidahnya yang panjang dan menangkap nyamuk.
o        Cecak juga bisa memutuskan ekornya untuk menipu musuhnya/pemangsanya (autotomi).

Ciri-ciri Khusus pada Tumbuhan

Contohnya:
þ      Teratai:
o        teratai memiliki akar yang panjang dan tertambat di dasar perairan, sehingga tumbuhan teratai tidak mudah terbawa arus air.
o        Teratai memiliki daun yang sangat lebar yang terletak di permukaan air, yang berguna memenuhi kebutuhan udara dan cahaya matahari, juga berguna untuk memperbesar pengeluaran dari tubuhnya melalui penguapan.
þ      Eceng gondok:
o        eceng gondok memiliki daun yang tipis dan agak lebar yang berguna untuk mempercepat penguapan.
o        Ia juga memiliki tangkai daun menggelembung dan berongga yang berguna untuk menyimpan cadangan udara dan mencegah tumbuhan ini tenggelam.
þ      Kantung semar:
o        kantung semar hidup di tanah yang sangat kurang kandungan nitrogennya.
o        Untuk memenuhi kebutuhan nitrogen, ia menjebak serangga atau hewan kecil lainnya, sebab hewan mengandung nitrogen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar