Jumat, 03 Februari 2012

Defenisi Sungai

Salah satu sumber daya alam yang terpenting bagi manusia dan menghidupi hajat hidup adalah air. Air mudah diperoleh dari sumber yang tidak terbatas, seperti air hujan, air laut dan air sungai. Salah satu yang mudah kita temui dan berada tidak jauh dari jangkauan kita adalah air sungai. Air sungai mengalir dari hulu ke hilir atau dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Hulu air terletak di pegunungan, sedangkan hilir atau yang seringkali disebut juga dengan muara terdapat di lautan luas.

1. Sungai Hujan
Sesuai dengan namanya, sungai ini tidak jauh- jauh dari kata hujan. Benar sekali, sungai hujan adalah sungai dimana sumber airnya berasal dari air hujan yang berkumpul dan membuat suatu aliran besar. Contoh sungai ini adalah sebagian besar sungai- sungai yang ada di Indonesia.

2. Sungai Gletser
Gletser identik dengan salju atau es. Definisi sungai gletser itu sendiri adalah sungai yang sumber airnya berasal dari salju yang mencair dan cairannya berkumpul menjadi air besar yang mengalir menjadi sungai. Salah satu sungai gletser yang ada di Indonesia adalah sungai Membramo yang terletak di Papua.

3. Sungai Campuran
Sungai campuran adalah perpaduan antara sungai gletser dan sungai hujan, yaitu sungai yang terjadi karena pencampuran antara air hujan dan air salju yang mencair dan berkumpul dalam jumlah besar. Contoh sungai campuran adalah sungai Digul yang berada di daerah Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar