Selasa, 19 April 2011

skripsi untuk matakuliah metodologi penelitian


PENGARUH MINAT MEMBACA BUKU PERPUSTAKAAN DAN MEDIA
PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI
EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA
TAHUN AJARAN 2008/2009
SKRIPSI
Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
Guna Mencapai Derajat Sarjana S-1
Pendidikan Akuntansi
Oleh:
NOVITA TRIANA SARI
A. 210 050 055
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2008
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam perkembangan pendidikan dewasa ini baik di negara maju mau pun di
Negara yang sedang berkembang, minat membaca sangat memegang peranan
penting. Keberhasilan dalam belajar sebagian besar ditunjang oleh minat baca.
Seorang pelajar yang tidak berminat untuk membaca, mustahil belajarnya akan
berhasil dengan baik.
The Liang Gie (1984 : 57) menyatakan bahwa “sebab tidak ada belajar yang
dapat dilaksanakan tanpa pembacaan, dan gudang bacaan adalah perpustakaan”.
Tidaklah cukup seorang belajar hanya mengerahkan tenaganya untuk
mendengarkan lalu menghafalkan saja, melainka n juga harus di tunjang banyak
oleh buku-buku perpustakaan.
Dengan menjadi pengunjung perpustakaan yang setia dan dapat
mempergunakannya dengan baik, kemungkinan besar prestasi belajar siswa akan
meningkat. Sebagai upaya meningkatkan kecerdasan bangsa tida k harus selalu
melalui jalur pendidikan formal saja, akan tetapi dapat juga melalui jalur
pendidikan nonformal, oleh karena itu diperlukan adanya sarana komunikasi
informasi ilmu pengetahuan untuk disampaikan kepada masyarakat yaitu
perpustakaan. Perpustakaan merupakan pusat terkumpulnya berbagai informasi dan
ilmu pengetahuan baik yang berupa buku maupun bahan rekaman lainnya,
yang diorganisasikan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pemakai
perpustakaan. Pentingnya perpustakaan diorganisasikan deng an baik agar
memudahkan pemakai dalam menemukan informasi yang dibutuhkannya, karena
bahan-bahan himpunan ilmu pengetahuan diperoleh umat manusia dari masa ke
masa.
Tingginya budaya gemar membaca, mengakibatkan meningkatnya minat
membaca. Minat membaca di tunjukkan dengan keinginan yang kuat untuk
melakukan kegiatan membaca.
Sekarang ini banyak keluhan bahwa daya serap / pemahaman para siswa
terhadap penguasaan bahan ajar adalah rendah. Penyebab rendahnya daya serap
para siswa terhadap bahan ajar tersebut bukan karena faktor potensial, tetapi salah
satu penyebabnya yang penting adalah minat membaca buku yaitu siswa yang
mempunyai minat membaca bukunya lemah. Siswa yang lebih banyak
menggunakan waktunya untuk membaca akan memperoleh prestasi belajar yang
lebih baik dibanding dengan yang tidak.
Dengan adanya minat yang tinggi pada siswa akan menjadikan siswa lebih
bersemangat dan bergairah dalam belajar. Seseorang yang tidak berminat untuk
mempelajari sesuatu biasanya tidak dapat diharapkan akan berhasil den gan baik
dalam menguasai ilmu yang dipelajari. Sebaliknya kalau seseorang belajar atau
membaca dengan penuh minat maka akan meluangkan waktunya yang cukup
banyak untuk mendalami mata pelajaran tersebut sehingga diharapkan prestasi yang
dicapai akan lebih baik. Dalam menghasilkan output yang berkualitas, maka dalam
bidang pendidikan diperlukan media pembelajaran yang memadai, untuk
mengetahui keberhasilan proses belajar siswa dapat diketahui dari prestasi yang
dicapai siswa. Prestasi belajar merupakan penc erminan hasil belajar yang dicapai
siswa setelah melakukan usaha. Tinggi rendahnya prestasi belajar akan memberikan
sumbangan dalam mencapai kesuksesan masa depan siswa. Untuk mencapai
prestasi belajar yang baik, siswa dipengaruhi banyak faktor baik dari dalam
maupun dari luar diri siswa tersebut. Dari dalam diri siswa itu antara lain faktor
kecerdasan, bakat, minat, motivasi, kesehatan jasmani dan juga usaha untuk
meningkatkan prestasi, sedangkan dari luar siswa meliputi lingkungan keluarga,
sekolah, masyarakat, peralatan, dan media belajar.
Salah satu ciri pembelajaran kontekstual adalah pemanfaatan sumber belajar
(termasuk media) yang sesuai dengan pengalaman hidup peserta didik. Hal ini tidak
hanya meningkatkan atau membangkitkan minat dan keaktifan si swa dalam proses
belajar akan tetapi juga meningkatkan efektivitas pembelajaran karena obyek yang
mereka pelajari sesuai dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dan
bersentuhan langsung dengan lingkungan hidup keseharian mereka. Oleh karena
itu, setiap guru/fasilitator diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan
keterampilan mereka di dalam memilih, mengelompokkan, dan memanfaatkan
berbagai obyek yang terdapat di lingkungan kelas, sekolah atau diluar sekolah
sebagai sumber belajar anak sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang
cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang di
sampaikan dapat dibantu dengan kehadiran media sebagai perantara. Bahkan
keabstrakan bahan dapat dikonkretkan dengan kehadiran media. Dengan demikian
peserta didik akan lebih mudah mencerna bahan dari pada tanpa bantuan media.
Media sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar adalah suatu
kenyataan yang tidak dapat dipungkiri, kare na memang gurulah yang menghendaki
untuk membantu tugas guru dalam menyampaikan pesan -pesan dari bahan
pelajaran yang diberikan oleh guru kepada anak didik. Suatu proses pembelajaran
tanpa bantuan media, maka bahan pelajaran sukar untuk dicerna dan dipaha mi oleh
setiap siswa/anak didik, terutama bahan pelajaran yang rumit atau komplek.
Menurut Djamerah & Zain (2002:136) menjelaskan didalam kegiatan
belajar mengajar ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan
menghadirkan media sebagai perant ara. Kerumitan bahan pelajaran dapat
disederhanakan dengan bantuan media. Media dapat mewakili apa yang kurang
mampu guru sampaikan/jelaskan melalui kata -kata/kalimat. Oleh sebab itu media
disini sangat penting untuk menarik siswa untuk mau belajar dan mem buat antusias
dengan materi yang diberikan.
Dalam penjelasan diatas siswa di SMP Negeri 2 Kartasura terdapat juga
yang minat membaca buku perpustakaan rendah, serta penggunaan media
pembelajaran yang kurang memadai/sesuai saat proses belajar mengajar
berlangsung, sehingga kedua faktor tersebut sangat mempengaruhi terhadap
prestasi belajar siswa.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwasanya ada 2 faktor
penting yaitu minat membaca buku perpustakaan dan media pembelajaran yang
menentukan prestasi belajar siswa.
Melihat latar belakang masalah tersebut di atas, maka penulis tertarik untuk
mengadakan penelitian dengan judul Pengaruh Minat Membaca Buku Perpustakaan
Dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Pada
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2008/2009”
B. Pembatasan Masalah.
Suatu penelitian biasanya muncul berbagai masalah yang membutuhkan
pemecahan dan masalah tersebut menimbulkan kesulitan bagi peneliti. Mengingat
keadaan peneliti yang serba terba tas, maka perlu adanya pembatasan masalah agar
tidak terjadi kesalahpahaman dalam penelitian. Hal ini penting agar masalah yang
dikaji jelas dan dapat menggerakkan perhatiannya dengan cepat. Menurut Winarno
Surakhmad (1994:36) “Pembatasan ini diperlukan bu kan saja untuk memudahkan
atau menyederhanakan masalah bagi penyelidik tetapi juga untuk dapat menetapkan
lebih dahulu segala sesuatu yang diperlukan untuk pemecahannya : tenaga,
kecekatan, waktu, ongkos, dan lain -lain yang timbul dari rencana tertentu ”.
Pembatasan masalah akan memudahkan peneliti dalam pembahasannya,
sehingga dapat mencapai sasaran dan tujuan dengan tepat dan hasil yang diperoleh
dapat dipertanggung jawabkan. Berdasarkan identiikasi masalah dapat diketahui
bahwa banyak faktor yang mempen garuhi tinggi rendahnya prestasi belajar yang
dicapai siswa. Dalam penelitian ini masalah yang diteliti perlu dibatasi agar tidak
meluas pembahasannya. Hal ini disebabkan oleh karena kualitas penelitian tidak
terletak pada keluasan masalah yang diteliti, t etapi pada kedalaman pengkajian
masalahnya. Untuk memperjelas pemahaman tentang variabel -variabel yang terkait
dalam penelitian ini, maka penulis memberikan penjelasan untuk pembatasan
masalah yang ada yaitu :
1. Penelitian ini hanya dilaksanakan pada siswa k elas VIII di SMP Negeri 2
Kartasura.
2. Penelitian ini hanya terbatas pada minat membaca buku perpustakaan yaitu
keinginan atau hasrat yang kuat untuk melakukan aktivitas membaca buku
diperpustakaan.
3. Penelitian ini hanya terbatas pada Media Pembelajaran yait u alat atau medium
yang digunakan sebagai perantara dalam proses belajar mengajar.
4. Penelitian ini terbatas pada Prestasi belajar bidang studi ekonomi yaitu hasil
maksimal yang dicapai dengan adanya perubahan tingkah laku pada diri siswa
yang dinyatakan dalam bentuk skor atau hasil nilai tengah semester (Mid)
siswa.
C. Perumusan Masalah
Perumusan masalah merupakan pernyataan yang lengkap dan rinci
mengenai ruang lingkup permasalahan yang akan diteliti, yang didasarkan pada
identifikasi masalah dan pembatasa n masalah. Agar diperoleh gambaran yang jelas
untuk menghindari kesalahpahaman penafsiran, maka perlu dirumuskan terlebih
dahulu masalah yang terkandung dalam penelitian. Berdasarkan latar belakang
tersebut diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebaga i berikut :
1. Adakah pengaruh positif Minat Membaca Buku Perpustakaan terhadap Prestasi
Belajar bidang studi Ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura?
2. Adakah pengaruh positif Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar bidang
studi Ekonomi pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kartasura?
3. Adakah pengaruh positif Minat Membaca Buku Perpustakaan dan Media
Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar bidang studi Ekonomi pada Siswa Kelas
VIII di SMP Negeri 2 Kartasura
D. Tujuan Penelitian
Setiap kegiatan manusia baik lahiriah maupun batiniah pasti mempunyai
tujuan yang ingin dicapai oleh manusia tersebut, untuk itu seorang peneliti harus
menentukan tujuan dari penelitiannya, agar arah penelitian lebih jelas dan terarah.
Berdasarkan dari hal itu maka tujuan da ri penelitian ini adalah untuk:
1. Mengetahui pengaruh Minat Membaca Buku Perpustakaan terhadap Prestasi
Belajar bidang studi Ekonomi pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2
Kartasura
2. Mengetahui pengaruh Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar bidang
studi Ekonomi pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kartasura.
3. Mengetahui pengaruh Minat Membaca Buku Perpustakaan dan Media
Pembelajaran secara bersama terhadap Prestasi Belajar bidang studi Ekonomi
pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura.
E. Manfaat Penelitian
Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan yang
bermanfaat khususnya bagi penulis dan pendidikan pada umumnya. Harapan -harapan
itu antara lain :
1. Bagi Sekolah
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam usaha
meningkatkan keberhasilan siswa dalam mencapai prestasi belajar, dan dapat
memberikan gambaran kepada sekolah bahwa minat membaca buku perpustakaan
itu mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar
siswa.
2. Bagi Penulis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperdalam pengetahuan dan menerapkan
ilmu yang telah diperoleh dibangku kuliah dalam kehidupan praktek belajar
mengajar yang sesungguhnya dan sebagai bekal untuk terjun didunia pendidikan
serta untuk mencapai pemecahan masalah ya ng ada pada perumusan masalah.
3. Bagi Pembaca
Memberikan sumbangan bagi pengembangan khasanah ilmu pendidikan khususnya
yang berkaitan dengan Pengaruh Minat membaca buku perpustakan dan media
pembelajaran terhadap prestasi belajar bidang studi Ekonomi, dan d apat dijadikan
referensi pada penelitian yang akan datang.
F. Sistematika Penulisan Skripsi
Untuk mengetahui gambaran dari skripsi ini, maka disusun sistematika
penulisan skripsi sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi latar belakang tentang masala h, pembatasan masalah,
perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, sitematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan tentang pengertian minat, membaca, minat membaca,
perpustakaan, faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca, pengertian media
pembelajaran, macam-macam media, nilai-nilai praktis media pembelajaran,
pengertian prestasi belajar, faktor -faktor yang mempengaruhi prestasi
belajar,kerangka pemikiran, dan hipotesis.
BAB III METODE PENELITIAN
Pada bab ini menguraikan te ntang tempat penelitian, jenis penelitian,
populasi, sampel, sampling, data dan sumber data, variabel penelitian, teknik
pengumpulan data, uji instrument, prasyarat analisis serta teknik analisis data.
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang gambaran umum obyek penelitian, penyajian data,
analisis data, dan pembahasan hasil penelitian.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini berisi tentang kesimpu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar